Enam Rahasia Agar Jadi Karyawan Bahagia

Demi menulis sebuah buku berjudul, “Thrive: Finding Happiness the Blues Zones Way” Dan Buettner bekerja sama dengan psikolog untuk menilai apa yang dimiliki orang-orang yang paling berbahagia.

Lewat beberapa pengamatan dan analisis, ditemukan ada beberapa kebiasaan orang yang merasa bahagia, terlepas apakah mereka masih mencari pekerjaan impian maupun sudah menemukannya. Ini enam diantaranya, seperti dikutip dari Oprah.com.

1.Jangan abaikan cuti
Studi menunjukkan bahwa waktu cuti dapat mengurangi stres berkaitan dengan pekerjaan, mengurangi risiko depresi, dan meningkatkan percaya diri. Tidak heran, di Denmark, majikan wajib memberi 5-6 minggu cuti bagi karyawan setiap tahun. Itulah sebabnya negara ini menjadi negara yang paling membahagiakan di muka bumi.

Jangan pernah mengabaikan cuti, meskipun Anda tak dapat menghabiskan cuti dengan liburan ke tempat eksotis yang membutuhkan biaya mahal. Sebuah liburan singkat dapat menjadi jeda yang menyegarkan. Kedua, berapapun jatah cuti yang Anda terima dari kantor, Anda dapat menggunakannya untuk beberapa kali liburan pendek. Tujuannya agar menyeimbangkan kebahagiaan, bukan lamanya liburan.

2. Jangan melewatkan ‘happy hour’
Menjelang pulang kerja, tak ada salahnya mengobrol dan bersosialisasi dengan rekan kerja. Sebab, orang yang bahagia menghabiskan waktu sekitar tujuh jam sehari untuk bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman, menurut survei sebuah harian di AS.

Mengobrol saat makan siang atau pesta koktail, saat bertemu di dekat mesin minuman atau bercakap mengenai film favorit dapat meningkatkan kebahagiaan selama di kantor.

3. Persingkat waktu komuter
Perjalanan komuter adalah aktivitas yang paling menyebalkan yang dilakukan setiap hari, menurut studi Universitas Princeton. Studi yang dimuat dalam Scandinavian Journal of Economics menemukan, pekerja yang menghabiskan waktu di jalan 22 menit sekali perjalanan perlu mendapat tambahan 35 persen upah bulanan agar memiliki kepuasan yang sama dengan pekerja non-komuter.

Pilihan terbaik transportasi adalah berjalan atau bersepeda. Sementara pekerja komuter, terutama yang menggunakan mobil akan banyak menemui hambatan seperti kemacetan yang memengaruhi tekanan darah dan kesehatan di awal hari.

4. Bergabung dalam organisasi
Menurut peneliti Robert D. Putnam, penulis “Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community”, bergabung dalam sebuah kelompok dan ikut ambil bagian dalam pertemuannya sebulan sekali akan menghasilkan kebahagiaan dua kali lipat daripada penghasilan yang diperoleh.

Manusia adalah makhluk sosial yang cenderung merasa lebih bahagia bila bersosialisasi dengan dengan orang lain. Menjadi bagian dari kelompok di tempat kerja atau organisasi yang lebih besar tidak hanya meningkatkan minat dan bakat,  tetapi juga memberi kesempatan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan rekan dan kolega Anda.

5. Menjadi sukarelawan
Meluangkan waktu untuk menjadi sukarelawan adalah cara untuk meraih kebahagiaan. Salah satu caranya dengan menjadi seorang mentor di tempat kerja. Membantu orang lain mencapai tujuan mereka akan meningkatkan kekuatan dan membuat diri lebih fokus pada masalah sendiri.

6. Berpikir dua kali sebelum promosi

Dalam jangka panjang, peningkatan penghasilan akan  gagal memberikan kebahagiaan bila pendapatan rumah tangga naik di atas US$50.000 per tahun, menurut penelitian Universitas Princeton.

Semakin tinggi gaji yang diterima, semakin besar tuntutan pekerjaan dengan jam kerja yang kian panjang. Dengan begitu, seseorang lebih rentan mengalami stres dan menurunkan energi yang akan memengaruhi kebahagiaan.

Anda Nurlaila – VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: