13 Trik Bangun Pagi

Bangun pagi ternyata bagi sebagian orang sangatlah sulit, apalagi buat penderita sulit tidur. Perlu ekstra kerja keras untuk membangunkan tipe-tipe orang seperti ini. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa dijadikan rekomendasi bagi yang nggak bisa bangun pagi.

Pagi guys and gals. Pasti kalian memiliki masalah dengan bangun pagi. Tepat! TOp. hehe.. Kalau gue masalahnya beda. Kenapa nggak bisa tidur.. Tulisan ini gue ambil dari sebuah majalah cewek sebenarnya. Banyak yang menarik di dalam artikel majalah ini.

1. Jangan minum kopi, wine, dan cokelat

Supaya bisa bangun pagi, kalian memerlukan tidur yang berkualitas. Menjaga agar pikiran dan perasaan tenang sebelum berangkat ke peraduan. Secara ilmiah terbukti bahwa minuman kopi, wine, dan cokelat punya pengaruh tidak baik terhadap usus, yang membuat kalian akan terbangun di tengah tidur dan membuat tidur tidak nyenyak.

2. Pergi tidur dengan hati tenang

Banyak orang tua menyarankan agar membawa masalah ke tempat tidur. Saran ini baik, karena kalau kalian punya masalah pikiran dan hati kalian dalam keadaan buruk. Jika mood kalian jelek, tidur pun tidak nyenyak yang akan terbawa hingga bangun pagi. Coba pikirkan hal-hal menyenangkan pada esok hari.

3. Tenangkan pikiran

Bagaimana caranya menenangkan pikiran sebelum tidur? Berdoa, meditasi, mengeluarkan unek-unek di buku harian, sangat berguna membuat pikiran tenang. Coba keluarkan kecemasan kalian.

4. Buat tempat tidur kalian nyaman

Tatalah tempat tidur kalian dengan nyaman. Pilih selimut yang bersih dan harum. Pilih guling dan bantal yang empuk. Pasti dijamin tidur kalian lebih nyaman.

5. Makan dua jam sebelum tidur

Makanan membutuhkan waktu untuk diproses di pencernaan. Pada saat pencernaan masih bekerja, maka otak pun akan bekerja pula, dan sulit untuk untuk dibawa tenang. Karena itu disarankan agar makan paling akhir dua jam sebelum kalian ke tempat tidur.

6. Buang air sebelum tidur

Untuk yang satu ini, gue benar-benar baru tahu. :) Ternyata, disarankan untuk ke kamar mandi, buang air kecil atau BAB, sebelum tidur. Kalau pun tak ingin, dicoba saja. Bila tidak disalurkan, ginjal akan penuh dan membuat tidur kalian tetap nyenyak.

7. Temperatur tubuh stabil

Temperatur tubuh juga mempengaruhi kualitas tidur juga lho. Atur saja supaya tubuh kalian tidak kedinginan dan kepanasan di tempat tidur. Mengatur AC supaya pas dengan tubuh kalian. perlu memakai baju tidur lengkap atau hanya baju dalam.

8. Simpan buku bacaan

Yang ngaku kutu buku, membaca sebelum tidur sering dilakukan. Tidak masalah bila kalian langsung melepaskan buku itu saat kantuk menyerang. Namun banyak yang terjadi, Kalian malah tidak tidur karna ingin menyelesaikan bacaan itu. Lebih baik hindari membaca hendak tidur.

9. Tak harus delapan jam

Buat anak kecil ketentuan tidur delapan jam memang harus dilakukan. Namun bertambahnya usia, maka lamanya tidur tergantung kualitas tidur yang kalian dapatkan. Berkualitas kalau tidur kalian tidak terganggu, dan kalian bisa tidur terlelap. Ada orang yang hanya butuh tidur enam jam karna masuk dalam fase lelap.

10. Matikan televisi dan redam suara berisik

Majalh New Scietists perna memuat artikel yang menyatakan, usia seseorang memendek hanya karena gangguan suara berisik dan keras di malam hari. Pasalnya, jantung berdegup kencang dan membangunkan kalian dalam semalam. Akibatnya, tubuh jadi stres alias tidak tenang. Karna itu jangan menyalakan televisi atau memutar lagu dengan suara keras. Cukup pasang musik lembut dan menenangkan.

11. Niatkan bangun pagi

Tubuh punya alarm tubuh sendiri. Cara memasangkannya, kita niatkan untuk bangun pagi, dan diucapkan berulang kali dalam hati. Cara ini sering gue lakukan juga lho.

12. Pasang alarm

Bila khawatir tidak bisa bangun pagi, cara paling ampuh adalah pasang alarm. Tapi sebaiknya pasangnya jangan di waktu harus kalian bangun. Minimal 30 menit sebelumnya.

13. Minta dibangunkan

Cara lain, minta orang serumah membangunkan jika kalian tetap nggak bisa bangun. Lempar piring atau air.

Siap dipraktekkan, semoga bermanfaat.

Sumber : Majalah CHIC edisi 98. 21 Sept-5 Okt 2011

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: