Kini Ponsel Bisa Di-Charge dengan Suara?

Seorang ilmuwan asal Korea Selatan menemukan teknologi baru yang memungkinkan pengguna ponsel mengisi ulang baterainya hanya dengan menggunakan kekuatan suara. Waahh…?

Adalah Dr Sang-Woo Kim, seorang peneliti di Sungkyunkwan University, Seoul, yang mengembangkan teknologi itu. Teknologi ini bisa memanfaatkan energi berlebih dari suara yang dihasilkan seseorang ketika berbicara di ponsel mereka untuk mengisi baterai perangkat tersebut.

“Suara yang selalu hadir dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari kita sering diabaikan sebagai sumber energi. Ini memotivasi kami untuk menghasilkan sumber daya dengan mengubah energi suara dari pembicaraan seseorang, musik ataupun suara-suara di sekitar menjadi energi listrik,” papar Kim sebagaimana dikutip Cellular News, Senin (9/5/2011).

“Energi suara bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk memungkinkan ponsel untuk di-charge di tengah percakapan serta menerima suara dari kendaraan yang berjalan dan mengubahnya menjadi energi listrik,” lanjut Kim.

Berdasarkan penelitian Kim, campuran zinc oxide di antara dua elektroda mampu menghasilkan energi ketika digetarkan oleh suara-suara sekitar. Purwarupa penelitian ini mampu mengubah suara lalulintas yang bising menjadi energi listrik sebesar 50 milivolt.

Artinya, konsep Dr Kim ternyata bisa dibuktikan. Kini, Dr Kim dan tim penelitinya harus melakukan sejumlah upgrade untuk mengkomersilkan produk ini.

Saat ini, target penelitian lanjutan Dr Kim adalah meningkatkan komposisi zinc oxide di antara dua elektroda guna menghasilkan lebih banyak listrik dari energi suara yang lebih kecil.
(van)

Defanie Arianti – Okezone

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: