42 Persen Kanker Payudara Bisa Dicegah dengan Mengubah Gaya Hidup

Kanker payudara masih menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar kaum perempuan. Tapi ternyata sebesar 42 persen kanker payudara sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Sebuah laporan terbaru mengatakan pengembangan penyakit yang berpotensi fatal setiap tahunnya ini, bisa dicegah jika seseorang melakukan olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi alkohol dan memiliki pola makan yang lebih baik.

World Cancer Research Fund (WCRF) merekomendasikan masyarakat untuk melakukan setengah jam latihan fisik setiap harinya, membatasi konsumsi alkohol serta mengurangi berat badannya yang berlebih.

“Hal ini menunjukkan bahwa kita harus meningkatkan kesadaran tentang apa yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan untuk mencegah kanker payudara,” ujar Dr Rachel Thompson, selaku wakil kepala science WCRF, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (10/5/2011).

Beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang jarang melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi alkohol secara berlebih serta kegemukan bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Angka terakhir menunjukkan ada 47.600 perempuan yang menderita kanker payudara pada tahun 2008, dengan seperempat dari orang yang memiliki kanker ini meninggal. Tapi WCRF memperkirakan sekitar 20.000 atau 42 persen dari kasus ini sebenarnya bisa dicegah dengan mengembangkan gaya hidup sehat.

Rekomendasi yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker termasuk menjaga tubuh tetap fit, membatasi konsumsi lemak, makanan asin dan makanan yang mengandung gula, mengonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, mengurangi asupan daging merah dan olahan serta memilih diet seimbang.

“Pilihan gaya hidup seorang perempuan bisa mengurangi risiko dari kanker payudara, karena ada faktor lain yang turut berperan seperti faktor genetik dan juga lingkungan,” ujar Dr Rachel Greig, Senior Policy Officer dari Breakthrough Breast Cancer.

Vera Farah Bararah – detikHealth

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: