Wah, Kulit Durian Bisa Bersihkan Tumpahan Minyak?

Durian ternyata bukan sekedar buah yang terkenal dengan rasa dan baunya yang tajam. Seorang tokoh akademis mengklaim kulit durian yang tajam bisa membantu membersihkan tumpahan minyak di air laut.

Itu diungkapkan Dr. S. Kathiresan dari AIMST University sebagaimana dilansir Straits Times, Selasa 3 Mei 2011. Menurut Kathiresan, kulit durian merupakan penyerap minyak yang efisien dan bisa membantu membersihkan air dari minyak.

“Sifat menyerap pada kulit durian bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak di daerah pantai yang mengakibatkan dampak negatif, bukan saja terhadap seluruh makhluk laut, tapi juga terhadap aktivitas ekonomi manusia,” jelasnya.

“Kulit durian yang notabene merupakan sampah pertanian memiliki potensi komersil besar dikarenakan efisiensinya dalam menyerap minyak, efektif secara finansial ditambah sifat biodegradasinya,” lanjut Kathiresan.

Dr. Kathiresan memaparkan pengetahuan ini didapatnya melaluui eksperimen sederhana dengan menggunakan kulit durian yang dicuci selama beberapa kali dengan air keran untuk membersihkan kotoran maupun daging buah yang tersisa. Setelah itu, kulit durian digiling menjadi bubuk dan dimodifikasi menggunakan beberapa bahan kimia.

Saat ini, serat sintetik, khususnya polypropylene dan polyurethane adalah bahan yang digunakan untuk membersihka tumpahan minyak. Sayangnya, bahan ini terbilang cukup mahal dengan harga USD 100 per kilogram.

(van)

Defanie Arianti – Okezone


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: