MUDRA dan KESEHATAN

Rahayu …

Mudrā [muːˈdrɑː]  (Sansekerta: मुद्रा, arti: “lambang” atau “segel“) adalah gestur atau sikap tubuh yang bersifat simbolis atau ritual dalam Hinduisme dan Buddhisme.

Ada beberapa mudrā yang melibatkan seluruh anggota tubuh, akan tetapi kebanyakan hanya dilakukan dengan tangan dan jari. Mudrā adalah gestur spiritual dan penanda energi dan keaslian dalam ikonografi dan praktek spiritual dalam tradisi agama Dharma serta Taoisme.

Dalam yoga, mudrā dilakukan bersamaan dengan pranayama (latihan pernapasan yoga), umumnya dilakukan sambil bersila dalam pose Wajrasana, dilakukan untuk merangsang berbagai bagian tubuh yang berkaitan dengan latihan pernapasan dan mempengaruhi aliran prana dalam tubuh.

 

Mudrā kerap digunakan dalam ikonografi kesenian Hindu dan Buddha di India dan disebutkan dalam beberapa naskah, seperti Natya Shastra, yang mencantumkan 24 asaṁyuta (“terpisah”, artinya “satu-tangan”) dan 13 saṁyuta (“bersama”, artinya “dua-tangan”) mudrā. Posisi mudrā biasanya terbentuk dari tangan dan jemari. Bersama dengan asana (“postur duduk”), dan dilakukan baik secara statis dalam meditasi maupun secara dinamis dalam Natya Yoga yang dipraktekan dalam ajaran Hinduisme. Masing-masing mudrā memiliki dampak tertentu bagi pelakunya. Beberapa sikap tangan dapat ditemukan baik dalam ikonografi Hindu maupun Buddha. Di beberapa kawasan seperti Thailad dan Laos terdapat penafsiran dan bentuk tersendiri.

Menurut Jamgon Kongtrul dalam komentarnya tentang Hevajra Tantra, ornamen tulang simbolis the (Skt: aṣṭhiamudrā; Tib: rus pa’i rgyanl phyag rgya) juga dikenal sebagai “mudra” atau “segel“.

 

sumber: wikipedia

 

Belajar sedikit tentang mudra,  maka anda akan menyadari bahwa mudra sangat kuat/powerful. Bahkan, ada manfaat kesehatan besar yang akan anda rasakan, serta manfaat mental, jika anda berlatih mudra secara teratur. Mudra sangat kuat dan dapat membawa kesehatan yang baik dan berbagai manfaat bagi tubuh Anda. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan mudra, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya mudra ini, jadi mari kita melihat lebih dekat pada mudra, apakah yang mudra itu, dan beberapa yang terbaik untuk digunakan untuk kesehatan dan manfaat apa yang akan kita peroleh.

Intinya mudra mengacu pada posisi tertentu dimana anda menempatkan tubuh anda  yang dapat memiliki pengaruh energi yang berada dalam tubuh serta suasana hati Anda. Biasanya mudra hanya melibatkan jari dan tangan, tetapi dalam beberapa kasus anda mungkin mendapatkan seluruh tubuh terlibat dengan mudra. Mudra yang sering digunakan selama meditasi, banyak orang menggunakan mudra, seperti saat berdoa,  dan hanya dengan menyentuh ujung jari bersama, yang sering merupakan gerakan sadar.

Selama ribuan tahun, mudra telah digunakan dalam budaya timur sebagai bagian dari Buddhisme. Seringkali Anda bahkan akan melihat bahwa patung Buddha memiliki tangan dalam posisi tertentu dan hari ini dan beberapa tahun yang lalu mereka dilihat dan digunakan sebagai cara latihan spiritual. Namun, meskipun mereka sangat rohani berorientasi, mereka juga digunakan untuk merawat berbagai masalah fisik dan mental juga.

Selama ribuan tahun, mudra telah digunakan dalam budaya timur sebagai bagian dari Buddhisme. Seringkali anda bahkan akan melihat bahwa patung Buddha memiliki tangan dalam posisi tertentu dan hari ini dan beberapa tahun yang lalu mereka dilihat dan digunakan sebagai cara latihan spiritual. Namun, meskipun mereka sangat berorientasi rohani , mudra juga digunakan untuk merawat berbagai masalah fisik dan mental juga.

Organ-organ tubuh termasuk kelenjar dan saraf bisa dirangsang melalui mudra. Proses ini sangat penting dalam Hatha-Yoga demi kesehatan fisik dan ketenangan pikiran. Mereka sangat berguna untuk kesehatan berbagai organ, kelenjar dan sistem saraf. Mereka latihan kontrol pada bagian fisik tubuh dan sangat penting untuk konsentrasi pikiran. penyakit yang berbeda dan penyakit tubuh juga dapat disembuhkan dengan berolahraga mudra dan Bandhas. Menurut master dari Hatha-Yoga, mudra sangat membantu dalam membangkitkan daya kundalini. Jika Anda berlatih mudra ini secara berkala, Anda dapat melihat manfaat kesehatan yang luar biasa.

Bagaimana anda dapat menggunakan mudra? Berikut adalah beberapa tips penting untuk diingat sehingga anda dapat menuai kesehatan yang terbaik dan manfaat mental dari menggunakan mudra.

 

Tip # 1 –  Posisi memegang- Jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari mudra, anda akan ingin memegang posisi selama beberapa menit setidaknya, tetapi menahan mereka selama sekitar 15-20 menit akan memberikan hasil terbaik . Anda mungkin ingin membuat ini bagian dari meditasi anda, yang akan membantu anda mendapatkan waktu di yang anda butuhkan.

Tip # 2 – Gunakan Kedua tangan – Adalah penting  posisi dengan kedua tangan anda dan anda menahan tangan dengan baik pada waktu yang sama. Ini jauh lebih kuat daripada mudra mencoba dengan satu tangan saja.

Tip # 3 -Sebisa mungkin lakukan setiap saat – Banyak mudra sangat sederhana dan anda dapat melakukannya di mana saja. Apakah dengan tangan anda dalam kantong anda atau anda mungkin ingin melakukannya di mana tangan anda tidak terlihat saat anda merasa perlu.

 

Bagaimana memulai setiap sesi Mudra

1. Cuci tangan dengan air.

2. Lalu gosok tangan Anda terhadap satu sama lain sekitar 10 kali dan berpegangan tangan sebelumnya (ini akan membantu energi mengalir di tangan Anda).

3. Ketika jari menyentuh tekanan yang diberikan harus selalu sangat ringan dan tangan harus rileks.

4. Mudra dapat dilakukan dalam posisi apapun. Seseorang dapat duduk, berdiri, berbaring dan bahkan berjalan.

5. Tubuh harus longgar dan santai dan berlari. Hal ini penting untuk tidak menjadi tegang karena itu akan menghambat  aliran energi.

6. Setelah menyiapkan untuk sesi latihan, ada cara-cara berikut ini untuk berlatih yang sama:

7. Jika Anda duduk, duduk dengan punggung lurus, baik dengan kaki disilangkan atau pada kursi berpunggung tegak.

8. Letakkan jari anda bersama-sama seperti yang telah dijelaskan.

9. Lakukan perlahan-lahan. anda tidak perlu terburu-buru, tapi mencoba dengan kesabaran.

 

Posisi-posisi Mudra:

 

1. Apana Mudra

Ujung jari tengah dan jari manis menyentuh ujung ibu jari sementara dua lainnya jari terentang. Hal ini memainkan peranan penting dalam kesehatan kita karena mengatur sistem ekskresi.

Durasi: Praktik itu manfaat lebih setiap hari selama 45 menit, tetapi berlatih untuk menghasilkan waktu yang lebih lama.

Manfaat: Ini membantu untuk mengatur diabetes. Menyembuhkan sembelit dan tumpukan.

 

2. Apana Vayu Mudra

Ujung jari tengah dan jari manis menyentuh ujung ibu jari, sedangkan jari telunjuk menyentuh pangkal jempol dan Imagefinger sedikit berbaring. Bermanfaat bagi jantung dan praktek selama serangan angina pasti membantu meningkatkan sirkulasi koroner dan nyeri angina yang lega dalam beberapa menit. Ini membantu untuk mengurangi pembentukan gas dalam tubuh.

Durasi: Hal ini dapat dilakukan untuk waktu yang lama. Jantung pasien dan pasien hipertensi dapat berlatih selama 15 menit sehari dua kali dalam hari untuk hasil yang lebih baik.

Manfaat: Ini memperkuat jantung dan palpitasi regularizes. Ini mengatur sistem ekskresi. Hal ini menebus masalah lambung.

Angina = sakit dada karena gangguan jantung (angin duduk)

 

3. Gyan Mudra

Sentuh ujung jempol ke ujung jari telunjuk, dengan tiga jari yang lain berbaring. Ini adalah Mudra pengetahuan, dapat meningkatkan pengetahuan. Ujung ibu jari memiliki pusat kelenjar hipofisis dan endokrin. Ketika kita menekan pusat-pusat oleh jari telunjuk kedua kelenjar bekerja secara aktif.

Durasi: Tidak ada durasi tertentu untuk mudra ini. Anda dapat berlatih dalam duduk, berdiri atau berbaring di tempat tidur kapanpun dan dimanapun Anda punya waktu.

Manfaat: Meningkatkan dan mempertajam memori otak. Meningkatkan konsentrasi dan mencegah Insomnia. Jika gangguan dilakukan secara teratur itu menyembuhkan psikologis seperti Hysteria, Kegelisahan dan Depresi.

 

4. Lingga Mudra

satukan (jalin) jari-jari kedua tangan dan menjaga ibu jari tangan kiri secara vertikal lurus dan mengelilingi dengan ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan. Hal ini menghasilkan panas dalam tubuh kita. Praktek mudra ini manfaat banyak.

Durasi: Dapat dipraktekkan selama 15 menit setiap hari. Tapi jangan melatihnya banyak karena memproduksi panas dalam tubuh dan dapat menyebabkan berkeringat berlebihan.

Manfaat: Ia memeriksa produksi dahak dan memperkuat paru-paru. Menyembuhkan gangguan parah bronkial dingin dan panas. Ini luar biasa invigorates tubuh, jika Anda ingin melihat hasilnya, mulai praktek dari hari ini!

 

5. Prana Mudra (Mudra Kehidupan)

Tekuk jari manis dan jari kelingking dan menyentuh ujung ibu jari dengan tips mereka menjaga sisanya dua jari membentang. Karena posisi Mudra hidup, meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan kekuatan. Ini juga menghilangkan radikal bebas dari darah.

Durasi: Tidak ada durasi tertentu. Satu dapat berlatih untuk waktu yang lama.

Manfaat: Ini meningkatkan imunitas. Meningkatkan penglihatan mata dan membantu dalam gangguan lain mata. Hal ini meningkatkan kekurangan vitamin dan karenanya kelelahan juga.

 

6. Varuna Mudra

Ujung jari kelingking menyentuh ujung ibu jari, dengan tiga jari yang lain berbaring. Ini menyeimbangkan kadar air dan mencegah semua penyakit yang datang karena ketidakseimbangan air.

Durasi: Ini tidak memiliki durasi yang spesifik dan satu dapat berlatih sesuai dengan waktu yang tersedia.

Manfaat: Membersihkan darah dengan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit otot & nyeri lambung.

 

7. Shunya Mudra

Tekuk jari tengah dan tekan dengan ibu jari. Ini mengurangi kusam dalam tubuh kita.

Durasi: Satu dapat berlatih selama 40 sampai 60 menit setiap hari.

Manfaat: Ini mengurangi sakit telinga dalam waktu 4 atau 5 menit. Hal ini berguna untuk gangguan pendengaran dan mental.

 

8. Prithvi Mudra

Ujung jari manis menyentuh ujung ibu jari, dengan tiga jari yang lain berbaring. Ini mengurangi semua kelemahan fisik.

Durasi: Tidak memiliki durasi tertentu, dapat dilakukan untuk waktu yang lama.

Manfaat: Ini membantu untuk meningkatkan berat orang yang lemah dan meningkatkan corak kulit dan membuat kulit bercahaya. Ini meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan keaktifan tersebut.

 

9. Surya Mudra

Tekuk jari manis dan tekan dengan ibu jari. Hal ini merangsang kelenjar tiroid.

Durasi: Praktek setiap hari dua kali selama 5 sampai 15 menit.

Manfaat: Ini mengurangi kolesterol dalam tubuh dan membantu dalam mengurangi berat badan, mengurangi kecemasan & memperbaiki masalah pencernaan.

 

10. Vayu Mudra

Tekuk jari telunjuk pada dasar ibu jari dan tekan dengan ibu jari menjaga tiga lainnya jari lurus. Ini mencegah semua penyakit yang terjadi akibat ketidakseimbangan udara.

Durasi: Praktek mudra ini direkomendasikan untuk 45 menit. Untuk hasil yang lebih baik itu harus dipraktekkan selama minimal dua bulan.

Manfaat: Ini membantu untuk menyembuhkan Rematik, Arthritis, Gout, penyakit Parkinson dan kelumpuhan. Hal ini berguna untuk Cervical Spondylitis, kelumpuhan wajah dan kejang otot leher.

 

Semoga bermanfaat.

 

Rahayu Sagung Dumadi.

(Sunyoto Djatimurti)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: