Sejarah Singkat Keris Mpu Gandring

Konon Ken Arok adalah keturunan Dewa Brahma yang terlahir di Desa Pangkur. Ibunya bernama Ken Endok. Dengan sebilah keris pusaka dari Mpu Gandring yang berhawa panas tetapi dapat membelah bumi, melebur gunung, Ken Arok mengangkat derajatnya dari orang biasa ke Singgasana Kencana. Raja Singasari, penguasa negeri yang juga bergelar Raja Amurwa Bhumi.

Ken Arok adalah sosok manusia yang mempunyai ambisi besar, membara bak tungku besalen yang mampu melebur semua benda yang dimasukkan ke dalamnya. Tidak sabar lagi ketika keris pesanannya belum lagi selesai dibuat. Bilahan keris yang masih berwujud kasar, akhirnya direbut. Tetapi ada juga kenyataan lain yang mengatakan sebaliknya, bahwa sebenarnya sang mpu dan Ken Arok melakukan sebuah konspirasi, tetapi itu mungkin akan kami bahas lain waktu.

Ken Arok terkejut ketika mengetahui bahwa keris yang dibuat oleh Mpu Gandring adalah terbuat dari bahan meteorit. Hal ini diketahuinya ketika ia marah dan membelah tungku sang mpu, keris itu mampu melakukannya. Mpu Gandring sudah memperingatkan bahwa bilah keris itu belum sempurna dan masih berhawa jahat, namun untuk membungkam mulut mpu, maka keris itu ditikamkan oleh Ken Arok kepada sang mpu. Hingga sekarang keris itu tidak diketahui memiliki dapur apa, dan tidak diketahui keberadaannya. Namun konon keris itu setelah menyelesaikan tugasnya, kembali menjadi batu meteor. Kelak akan kembali lagi ke bumi dan mengejawantah menjadi keris-keris lain yang mempunyai kesamaan riwayat.

 

(Bambang Permadi)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: