Tergantung Penyampaian

Pada zaman dulu seorang raja Jawa suatu hari bermimpi semua giginya tanggal. Lantaran terganggu oleh mimpinya, sejak itu pikirannya tidak tenteram. Hari berikutnya ia memanggil peramal kerajaan untuk menjelaskan arti mimpinya.

Begitulah. Setelah mendengarkan penuturan sang raja tentang mimpinya, peramal kemudian menjelaskan artinya, “Maafkan hamba, mimpi itu berarti tak lama lagi semua saudara-saudara Paduka akan meninggal, dan Paduka akan hidup sendirian.”

Mendengar penjelasan tersebut, raja tersentak kaget bercampur murka. Karena tidak berkenan dengan penuturannya, si peramal diusir keluar dari istana. Keesokan harinya, raja meminta didatangkan peramal lain untuk menjelaskan arti mimpinya.

Dengan tenangnya si peramal kedua menjelaskan isi ramalannya, “Berbahagialah Baginda. Mimpi itu berarti Baginda akan berumur panjang, bahkan usia Baginda bisa melebihi usia saudara-saudara Baginda. Selamat! Panjang umur wahai Raja!”

Mendengar penjelasan si peramal, lega-lah hati sang raja. Lantaran puas, si peramal mendapat hadiah pundi-pundi emas dan berlian.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: