Tafsir Mimpi

Pada hakikatnya, tafsir mimpi itu ada empat makna. Yaitu merupakan perlambang, kehendak, kebalikan dan sindiran.

1. Merupakan perlambang
Adapun yang berupa perlambang itu seperti mimpi melihat cahaya api, artinya nafsu, karena api itu adalah lambang nafsu. Dialami orang yang sedang susah.

2. Merupakan kehendak
Mimpi yang berupa perwujudan dari kehendak, itu seperti mimpi buang air besar, artinya nanti akan kehilangan, karena terpisahnya kotoran dari badan. Yang mengalami mimpi ini biasanya orang yang sedang sakit.

3. Merupakan kebalikan
Mimpi yang merupakan kebalikan itu contohnya mimpi sedih, artinya justru akan mendapat kegembiraan, karena sedih itu kebalikannya gembira. Ini adalah impian orang yang sedang capek.

4. Merupakan sindiran

Mimpi yang berupa sindiran, misalnya mimpi rumahnya roboh. Artinya istri atau suaminya akan meninggal. Ini adalah mimpinya orang yang sehat. Artinya orang yang tidak sedang sedih atau sakit.

 

Adapun mimpi itu ada empat pula kejadiannya, yaitu:

  1. Kawasita, artinya diniatkan. Itu impian orang mendapat wangsit. Misalnya menunggu orang yang sedang sakit. Yang menunggu ketika tertidur mimpi disuruh mencari ini itu untuk obat bagi yang sakit. Itu wangsit dewa bahwa yang sakit diobati dan akan sembuh.
  2. Kacakrabawa, artinya terucap. Itu impian bagi orang yang habis berbincang-bincang. Setelah tidur, apa yang dibicarakan tadi terbawa dalam mimpi.
  3. Kaduradasih, artinya terus. Semisal mimpi melihat mutiara, setelah bangun melihat mutiara.
  4. Kadarsana, artinya tiruan. Misalnya sebelum tidur melihat sebuah film. Setelah tidur, film itu terbawa dalam mimpinya. Yang demikian ini tidak bisa ditafsiri

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: